_

Tumbuak Lasuang Akan Dijadikan Atraksi Wisata di Batang Arau

  • 25 Sep 2019
  • 25 kali dibaca
  • Berita 2019
  • Padang - Modernisasi telah merubah pola hidup masyarakat dalam banyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah pemanfaatan sarana dan media yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selama ini mengandalkan tenaga manusia, sekarang segala sesuatunya lebih banyak dilakukan dengan mengandalkan tenaga mesin.

    Namun, kemajuan teknologi tidak semuanya merubah kebiasaan manusia. Salah satunya adalah tradisi "Tumbuak Lasuang" yang masih dipakai oleh masyarakat Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

    Tumbuak Lasuang adalah kegiatan menumpuk beras menjadi tepung, dengan menggunakan peralatan tradisional lesung dari batu atau kayu. Proses Tumbuak Lasuang cukup sederhana. Beras yang sudah dicuci dimasukan ke dalam wadah (lesung), kemudian dua orang (biasanya kaum ibu) masing-masing memegang kayu untuk menumbuk secara bergantian.

    Menurut para ibu di Kelurahan Batang Arau, tepung yang dihasilkan dengan cara ini lebih kembang dan wangi dari pada digiling dengan mesin.

    "Kalau dibuat kue basah akan lebih kembang, dan kalau dibuat kue kering hasilnya lebih renyah," ujar Eti (50), ketika ditemui InfoPublik, Rabu (25/09/2019).

    Selain itu, tradisi ini juga mengandung berbagai filosofi. Menurut Nini (73), Tumbuak Lasuang memiliki falsafah kerja sama, sabar dan tidak egois.

    "Untuk satu lesung kita menumbuk berdua, jadi kita bergantian. Saat yang satu menumbuk, yang lain mengangkat kayu miliknya, begitu seterusnya," ujar Nini.

    Biasanya kegiatan ini mulai ramai di lakukan menjelang lebaran karena kebutuhan akan tepung beras meningkat. Lurah Batang Arau, Eka Saputra mengatakan, akan mengangkat tradisi Tumbuak Lasuang sebagai salah satu ikon Pariwisata di daerahnya.

    "Kita akan masukan kegiatan ini sebagai bagian dari atraksi wisata di Kelurahan Batang Arau. Nanti setiap ada kegiatan menyambut tamu maupun kegiatan besar lainnya, atraksi Tumbuak Lasuang akan kita tampilkan," ujar Eka.

    Selain jadi atraksi, tepung hasil Tumbuak Lasuang tersebut juga dapat dibeli oleh para pengunjung sebagai oleh-oleh.

    "Nanti juga akan kita kembangkan aneka kuliner berbahan tepung beras hasil tumbukan masyarakat tersebut sebagai jajanan khas (oleh-oleh) dari Kelurahan Batang Arau," pungkas Eka. (MC Padang/RA)

    Bagikan :

    Tumbuak Lasuang Akan Dijadikan Atraksi Wisata di Batang Arau

  • 25 Sep 2019
  • 25 kali dibaca
  • Berita 2019