_

Tujuh Negara Bertarung di Festival Silat Internasional 2018

  • 11 Jul 2018
  • 20 kali dibaca
  • Berita 2018
  •  

    Padang, InfoPublik - Sebanyak tujuh negara ikut serta dalam kejuaraan pencak silat nusantara yang bertajuk Festival Silat Internasional di Padang, Sumatera Barat, 11 hingga 15 Juli 2018 di Padang.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota Padang, Azwin saat kegiatan Media Center, di Balai Kota Padang, mengatakan, tujuh negara tersebut adalah Suriname, Singapura, Malaysia, Jepang, Brunei, Iran dan Indonesia.

    “Acara akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar. Kami undang tim pencak silat nasional dan internasional  untuk mengikuti festival ini, ada tiga kategori yakni internasional, nusantara, dan kabupaten/kota di Sumatera Barat,” ungkapnya, Rabu (11/7/2018).

    Lebih lanjut ia mengatakan hingga saat ini  sudah ada 435 peserta dan official yang akan mengikuti Festival tersebut. “Untuk mancanegara ada 32 peserta, sedangkan nusantara 112 peserta dari delapan provinsi dan 219 dari sebelas kabupaten/kota di Sumbar,” ungkapnya.

    Menurut rencana, pertandingan silat tersebut akan dihelat di Hotel Kryad Bumiminang, Padang. "Sejauh ini belum ada pencanangan target apapun, meski diharapkan atlet mampu berprestasi," katanya.

    Secara khusus, kata dia, perhelatan Festival Silat Internasional untuk menarik animo masyarakat mencintai olahraga bela diri asli Indonesia tersebut.“

    Kegiatan ini dalam rangka Hari Jadi Kota Padang ke 349 tahun 2018 dan program Wali Kota Padang membangkitkan Seni Beladiri Pencak Silat.

    "Terlebih, katanya, beberapa nagari di Kota Padang cukup memiliki nama dalam perkembangan dunia persilatan,” ungkapnya.

    Dia mengharapkan ajang itu membangkitkan kembali pencak silat di Kota Padang yang mulai tergerus oleh zaman.

    "Bagi atlet, kedatangan pesilat dunia seperti dari Malaysia, Singapura, Iran dan Jepang tentu akan menambah pengalaman dan latih tanding yang sepadan," ujarnya.

    Khusus bagi Padang, katanya, tentu dapat dijadikan persiapan untuk menghadapi ajang olahraga lainnya, misal Pekan Olahraga Provinsi (Proprov),  porwil, dan PON. (McPadang/Putra/Irwandi Rais/Vira)

     

    Bagikan :

    Tujuh Negara Bertarung di Festival Silat Internasional 2018

  • 11 Jul 2018
  • 20 kali dibaca
  • Berita 2018