_

Masyarakat Diminta Bijak Menggunakan Air

  • 23 Sep 2019
  • 21 kali dibaca
  • Berita 2019
  • Padang - Anggota Komis II DPRD Kota Padang, Irawati Meuraksa, meminta masyarakat bijak dalam menggunakan air.

    Musim kemarau yang melanda hampir seluruh daerah di Kota Padang membuat krisis air bersih di sejumlah wilayah, khususnya masyarakat yang mengandalkan air tanah (non PDAM) sebagai sumber kebutuhan sehari-hari.

    "Masyarakat diharapkan dapat mengatur secara bijak dan tidak boros dalam penggunaan air, jangan menggunakan air untuk hal-hal yang tidak perlu," ujar Irawati, Senin (23/9).

    Dirinya telah berkoordinasi dengan PDAM untuk dapat mendistribusikan air ke wilayah yang terdampak kekeringan. Ia mengaku banyak mendapat laporan dari masyarakat terkait kesulitan air bersih.

    "Kemarin kita bersama PDAM telah menyalurkan 7000 liter air bersih kepada 800 KK di Kelurahan Bukit Gado-Gado," tambah Irawati.

    Jumlah itu, masih belum mencukupi. Untuk itu, Ia akan berusaha mengusulkan kepada PDAM untuk dapat mendistribusikan air bersih secara berkala, setidaknya dua hari sekali di wilayah yang berada di perbukitan tersebut.

    Ke depan, Irawati akan menganggarkan melalui dana aspirasi agar bisa dibangun bak penampungan air melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat di wilayah yang rentan kekeringan seperti di Kelurahan Bukit Gado-Gado, Kecamatan Padang Selatan.

    Dengan adanya bak penampungan tersebut, diharapkan masyarakat punya persediaan (cadangan) air bersih andai terjadi kemarau.

    "Mari kita berdoa bersama agar musibah kemarau, kabut asap dan kekeringan ini segera berakhir," tutur Irawati. (MC Padang /RA)

    Bagikan :

    Masyarakat Diminta Bijak Menggunakan Air

  • 23 Sep 2019
  • 21 kali dibaca
  • Berita 2019