_

Harga Kebutuhan Pokok Terjangkau Hingga Pertengahan Tahun di Kota Padang

  • 04 Jul 2018
  • 5 kali dibaca
  • Berita 2018
  •  

    Padang, InfoPublik - Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kota Padang Edi Dharma mengatakan, harga kebutuhan pokok terjangkau dan stabil hingga pertengahan tahun 2018. Selain itu ketersediaan pangan pun dapat terjaga, hingga beberapa bulan kedepan.

     “Selama enam bulan ini, harga-harga kebutuhan pokok di Kota Padang terjangkau. Kalau ada kenaikan tidak terlalu signifikan. Hal itu juga terjadi saat Ramadan hingga Lebaran,”ujar Kepala Bagian Perekonomian Kota Padang, Edi Dharma di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (4/7).

     Harga beras dari awal tahun 2018, berkisar Rp13.000 per kilogram untuk jenis  Cisokan Solok. Harga beras cenderung stabil hingga saat ini, tergantung jenis beras. Begitu juga dengan harga daging sapi murni, yang sama sekali tidak terjadi kenaikan meski memasuki Ramadan dan setelah Lebaran, masih stabil di harga Rp120.000 per kilogram.

     Kemudian, harga cabai yang sempat cukup tinggi di Januari sebesar Rp40.000 per kilogram. Namun kembali turun di Mei dan Juni yang hanya di kisaran Rp22.000, dan Juli sekitar Rp30.000. Harga kebutuhan pokok lain,  seperti bawang, kacang, minyak, tepung, dan telur juga masih terjangkau harganya, mulai awal tahun hingga pertengahan.

    “Kita selalui melakukan survei harga kebutuhan pokok di Pasar Raya, dan Pasar Siteba setiap Senin dan Kamis. Untuk memantau harga kebutuhan pokok,”tutur Edi.

     Menurut Edi, bisa terjaganya harga kebutuhan pokok di Kota Padang karena pihaknya selalu menjaga kerjasama dengan berbagai pihak. Baik dengan petani, pedagang, Bulog, dinas terkait, dan Bulog.

     Padahal kebutuhan pokok yang dapat dipenuhi Kota Padang hanya sekitar 30 persen. Sisanya didatangkan dari luar seperti Solok, Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan juga dari pulau jawa. Tentunya kerjasama dengan daerah luar harus terjaga, sehingga pasokan serta stok dapat dipenuhi.

     Edi menginformasikan, akibat harga bahan pokok yang terjangkau dan stabil, inflasi di Kota Padang dapat ditekan.  Inflasi Kota Padang pada Juni 2018 hanya 0,39%. Penyumbangnya yakni jengkol, angkutan udara, dan angkutan darat. Karena memang dalam suasana Lebaran. “Pada tahun 2017, inflasi kita hanya 2,11%. Kami harapkan tahun ini bisa sekitar 1%,”sebutnya.

     Ia berharap, agar dinas terkait dapat terus menjaga harga kebutuhan pokok di Kota Padang. Jangan sampai harga terlalu tinggi melambung. Untuk itu dibutuhkan saling berkoordinasi, dalam menjaga harga dan menjamin ketersediaan barang.

    “Pengawasan harus terus dilakukan dari bawah. Jangan ada yang melakukan penimbunan sehingga harga menjadi naik,”katanya. (MCPadang/Wina/Irwandi Rais/toeb)

     

    Bagikan :

    Harga Kebutuhan Pokok Terjangkau Hingga Pertengahan Tahun di Kota Padang

  • 04 Jul 2018
  • 5 kali dibaca
  • Berita 2018