_

DLH Padang Pasang Plang Larangan Penambangan Batu di Batang Kuranji

  • 24 Sep 2019
  • 22 kali dibaca
  • Berita 2019
  • Padang - Maraknya kegiatan penambangan pasir, batu dan kerikil (sirtukil) ilegal di sepanjang Batang Kuranji, Kelurahan Korong Gadang, membuat resah masyarakat.

    Menyikapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang bersama Pol PP, aparat kepolisian, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) serta perangkat kelurahan, Senin (23/9), melakukan pemasangan papan larangan terhadap aktifitas penambangan ilegal di sana.

    Kepala DLH Kota Padang, melalui Kabid Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan Jasry Desriza, mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, pihaknya segera mengambil langkah dengan memasang plang larangan tersebut.

    Penambangan sirtukil di sepanjang sungai ini merupakan kegiatan ilegal dan dapat membahayakan lingkungan, karena berada di dekat cek dam dan jembatan.

    "Pemasangan plang larangan ini diambil dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan dan bangunan sungai seperti tanggul dan jembatan," ujar Kabid.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan, sirtukil berfungsi untuk menahan dan memecah arus air dari hulu. Hilangnya penahan tersebut dapat mengakibatkan tergerusnya cek dam serta mengancam tiang pondasi jembatan.

    Selain membahayakan, kegiatan ini juga termasuk kegiatan melawan hukum karena melakukan aktivitas penambangan (galian C) tanpa izin.

    Staf Bidang Mineral dan Batubara Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat, Eva Joni yang ikut mendampingi mengatakan, Kota Padang bukan merupakan Wadah Pertambangan Rakyat (WPR), sehingga tidak ada Izin Pertambangan Rakyat (IPR) untuk melakukan aktivitas penambangan.

    "Di Sumatera Barat hanya ada tiga daerah yang termasuk WPR yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Sijunjung," terang Eva.

    Aktivitas Galian C yang tidak memiliki izin dapat diancam sesuai UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba dengan ancaman kurungan maksimal 10 tahun dan denda Rp10 Miliar, serta UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan dengan ancaman hukuman kurungan maksimal tiga tahun dan denda Rp3 Miliar. (MC Padang /RA)

    Bagikan :

    DLH Padang Pasang Plang Larangan Penambangan Batu di Batang Kuranji

  • 24 Sep 2019
  • 22 kali dibaca
  • Berita 2019