_

BIMBINGAN TEKNIS BAGI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT AKTIF

  • 18 Feb 2018
  • 18 kali dibaca
  • Berita 2018
  • Kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat dalam bentuk bimbingan teknis ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra atau media dialog bagi Pemerintah Kota Padang. Untuk itu Kelompok Informasi Masyarakat memiliki peran strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas.

    Melalui pembinaan ini diharapkan informasi berjalan dinamis sebagai dasar terbentuknya masyarakat madani yang sehat, cerdas, mandiri, terampil, kreatif, inovatif, produktif dan berbudaya tinggi. Terbentuknya KIM diharapkan juga mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga akan memiliki nilai tambah dalam penyebarluasan informasi dan pendampingan kepada masyarakat.

    Latar Belakang pelaksanaan kegiatan ini diantaranya adalah :

    • Bahwa upaya mewujudkan Padang sebagai Kota Cerdas (Smart City) sangat membutuhkan keterlibatan dan dukungan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) baik itu pihak swasta, maupun masyarakat (civil society). Pemberdayaan masyarakat yang terjadi melalui proses peningkatan kesadaran pentingnya informasi, peningkatan akses, dan pendayagunaan informasi melalui kelompok. Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, lembaga komunikasi perdesaan adalah Kelompok Informasi Masyarakat atau kelompok sejenis lainnya- selanjutnya disingkat KIM- yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah.
    • Bahwa saat ini, di Kota Padang banyak terdapat kelompok informasi masyarakat baik itu di bidang seni budaya, usaha ekonomi, wisata, dan sebagainya. Namun kegiatan pembinaan secara terstruktur dan tersistematis terhadap keberadaan kelompok informasi masyarakat ini belumlah optimal dilakukan. Bahwa di setiap kelurahan, kecamatan, dan kota perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya, sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok
    • Bahwa disadari sangat diperlukan serangkaian langkah-langkah agar kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat yang sudah ada disetiap kelurahan bias terus meningkat dari waktu ke waktu.

    Hal tersebut diatas telah mengharuskan adanya tindakan nyata untuk mewujudkan peningkatan kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat di Kota Padang yang sudah aktif selama ini, ataupun yang belum aktif menjadi aktif, salah satunya adalah dengan kegiatan bimbingan teknis ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya, yang pada waktu itu masih bersifat sosialisasi.

    Adapun Dasar pelaksanaan kegiatan adalah :

    • Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial;
    • Peraturan Walikota Padang Nomor 79 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika;
    • Keputusan Walikota Padang Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penetapan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Aktif Di Kota Padang

    Tujuan kegiatan ini diantaranya :

    • Terciptanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembinaan Kim secara terpadu dan berkesinambungan;
    • Terciptanyan KIM sebagai wahana penggerak partisifasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat.

    Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni hari ini Rabu s.d Kamis, 14 s.d 15 Februari 2018 bertempat di Hotel Grand Inna  Padang.

    Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini adalah dari Kelompok Informasi Masyarakat Aktif di Kota Padang yang bergerak di bidang Seni Budaya, Perikanan, Usaha ekonomi kecil menengah dan pariwisata sebanyak 54 orang.

    Narasumber pada kegiatan ini adalah :

    • Bapak Sekretaris Daerah Kota Padang;
    • Bapak Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat;
    • Kepala Sub Bidang Portal dan Konten Pusat Data dan Sarana Informatika, Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika.

    Sedangkan materi pada bimbingan teknis ini adalah teknik pembuatan Blog  dan Teknik pembuatan tulisan publikasi kegiatan KIM.

    Bagikan :

    BIMBINGAN TEKNIS BAGI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT AKTIF

  • 18 Feb 2018
  • 18 kali dibaca
  • Berita 2018