_

MTQ Tingkat Kota Padang Siap Dihelat, 594 Kafilah Siap Ikut Serta

  • 17 Oktober 2018
  • 41 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • MTQ Tingkat Kota Padang Siap Dihelat, 594 Kafilah Siap Ikut Serta

    Padang - Pemerintah Kota Padang akan mengelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII tingkat Kota pada 25 hingga 28 Oktober 2018. Pada tahun ini, Kecamatan Padang Timur akan bertindak sebagai tuan rumah Festival pembacaan dan perlombaan Alquran tersebut.

    Camat Padang Timur Ances Kurniawan dalam kegiatan diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang mengungkapkan, selaku tuan rumah, pihaknya telah mempersiapkan sebaik mungkin acara tersebut. "Tentunya kita ingin menyukseskan kegiatan ini baik sebagai tuan rumah maupun peserta." ungkapnya, Rabu (17/10).

    Pihaknya juga memasang target juara sehingga bisa mewakili kota Padang di tingkat Provinsi. "Kita berharap bisa meraih hasil terbaik sehingga bisa mewakili Padang ditingkat Provinsi, karena jika kita bisa berprestasi maka bisa ikut serta ditingkat nasional, karena pada tahun 2020 nanti Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional," ungkapnya.

    Lebih lanjut ia mengatakan, melalui perhelatan ini, pihaknya ingin agar membumikan Alquran dalam rangka mewujudkan masyarakat Kota Padang yang agamis, harmonis dan berkarakter Islami.

    "Dengan diselenggarakannya MTQ tersebut diharapkan lebih meningkatkan kualitas iman dan takwa masyarakat. Sehingga, terciptanya Kota Padang yang religius dengan masyarakatnya yang senantiasa mengamalkan nilai-nilai alquran dalam kehidupan sehari-hari." terangnya.

    Sejumlah terobosan dilakukan pada perhelatan MTQ Kota Padang kali ini, mulai dari melibatkan seluruh kelurahan di Padang Timur hingga sistem pendaftaran online sehingga meminimalisir manipulasi data.

    "Untuk pertama kalinya dalam perhelatan tingkat kota, kita melibatkan seluruh kelurahan karena biasanya kegiatan MTQ Tingkat Kota hanya terpusat. Untuk itu, mulai dari pawai, pemondokan hingga lokasi cabang lomba akan melibatkan seluruh kelurahan yang ada. Selain itu, untuk pendaftaran kita telah berbasis online dengan tahap verivikasi dimana ada 11 operator yang telah disiapkan." jelasnya.

    Untuk tahun ini diperkirakan ada 594 peserta yang akan ikut serta dimana masing-masing kecamatan akan diwakili 54 kontingen. "Nantinya, MTQ akan dibuka di halaman Masjid Baitul Hadi jalan Aur Duri Indah, Kelurahan Parak gadang Timur, Kamis sore (25/10). Sebelumnya akan didahului pawai ta'aruf yang diikuti para kafilah dan offisial utusan dari 11 kecamatan se-Kota padang yang dimulai ba'da ashar atau sekira pukul 16.00 WIB." tutupnya. (McPadang/Putra)

    MTQ Tingkat Kota Padang Siap Dihelat, 594 Kafilah Siap Ikut Serta

  • 17 Oktober 2018
  • 41 Kali Dilihat
  • Super Administrator