Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

  • 14 9 2017
  • Admin
  • 125 Kali Dilihat
    1. DINAS
      • Dinas mempunyai tugas membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.
      • Dinas dalam melaksanakan tugas tersebut menyelenggarakan fungsi :
          • Perumusan kebijakan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian;
          • Pelaksanaan kebijakan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian;
          • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian;
          • Pelaksanaan administrasi dinas bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian; dan
          • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.
          •  
    2. KEPALA DINAS
      • Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik, dan bidang persandian dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.
      • Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Kepala Dinas mempunyai fungsi :
        • Menetapkan visi, misi, rencana strategis, serta program kerja dinas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk pencapaian komunikasi dan informatika yang berkualitas dan unggul;
        • Menetapkan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
        • Menyelenggarakan koordinasidan sinkronisasi pelaksanaan tugas dengan perangkat daerah dan instansi terkait;
        • Menyelenggarakan koordinasi urusan komunikasi dan informatika dengan stakeholder terkait berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar terwujudnya sinkronisasi kebijakan dengan baik;
        • Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain baik dari instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan swasta;
        • Menyelenggarakan urusan komunikasi dan informatika dan tugas pembantuan lainnya yang meliputi manajemen, penelitian, dan pengembangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
        • Memberikan pertimbangan dan penetapan perizinan serta rekomendasi teknis bidang komunikasi dan informatika;
        • Menyelenggarakan pembinaan aparatur berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar pencapaian hasil pelaksanaan tugas dapat lebih efisien dan efektif;
        • Menyelenggarakan evaluasi urusan komunikasi dan informatika berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan guna mengetahui keberhasilan pelaksanaan tugas secara komprehensif;
        • Melaporkan penyelenggaraan urusan komunikasi dan informatika secara periodik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangansebagai bentuk akuntablitas kinerja;
        • Pengguna anggaran dinas;
        • Pengguna barang dinas; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    3. SEKRETARIAT
      • Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
      • Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan dinas dalam urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan, administrasi umum, keuangan, kepegawaian, perpustakaan, rumah tangga, alat-alat perkantoran, naskah dinas, dan kearsipan.
      • Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Sekretariat mempunyai fungsi :
        • Merumuskan rencana kerja, evaluasi, dan pelaporan;
        • Melaksanakan urusan administrasi;
        • Melaksanakan urusan keuangan;
        • Melaksanakan urusan program, monitoring, dan evaluasi;
        • Melaksanakan urusan kepegawaian;
        • Melaksanakan urusan perpustakaan;
        • Melaksanakan urusan rumah tangga, alat-alat perkantoran, naskah dinas dan kearsipan;
        • Mengelola layanan informasi dan dokumentasi publik;
        • Mengelola layanan pengaduan masyarakat; dan 
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    4. SUB BAGIAN UMUM
      • Sub Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.
      • Sub Bagian Umum mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam mengurus administrasi surat menyurat, kearsipan, peralatan dan perbekalan, kepegawaian, inventarisasi, perpustakaan, dan urusan rumah tangga.
      • Penjabaran tugas Sub Bagian Umum adalah :
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan pelaporan di Sub Bagian Umum;
        • Mengendalikan surat masuk dan surat keluar dan arsip;
        • Mengatur surat perintah perjalanan dinas;
        • Melakukan urusan humas, protokol, dan rumah tangga;
        • Melakukan urusan perawatan/pemeliharaan peralatan dan perbekalan;
        • Melakukan pengelolaan administrasi kepegawaian;
        • Menyusun laporan pelaksanaan tugas;
        • Menyiapkan peringatan hari-hari bersejarah yang menjadi tanggung jawab dinas;
        • Menyiapkan rapat untuk penyusunan rencana kerja, evaluasi kerja, dan laporan akuntabilitas kinerja dinas;
        • Menyiapkan pencetakan buku rencana kerja;
        • Melakukan urusan perpustakaan; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    5. SUB BAGIAN KEUANGAN
      • Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.
      • Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi penyusunan rencana anggaran, pendapatan dan belanja dinas, verifikasi, perbendaharaan, dan penyusunan pertanggungjawaban keuangan.
      • Penjabaran tugas Sub Bagian Keuangan adalah :
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan pelaporan Sub Bagian Keuangan;
        • Menyusun anggaran pendapatan dan belanja dinas;
        • Melakukan administrasi keuangan dan program dinas;
        • Melakukan pembinaan perbendaharaan dinas dan melakukan verifikasi keuangan dinas;
        • Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan dinas;
        • Melakukan monitoring dan evaluasi kerja setiap bulannya;
        • Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
        • Menyiapkan daftar permasalahan dinas; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    6. BIDANG INFRASTRUKTUR DAN KOMUNIKASI DATA
      • Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Data dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
      • Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Data mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan pengkajian bahan kebijakan teknis infrastruktur dan layanan komunikasi data elektronik.
      • Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Data mempunyai fungsi :
        • Merumuskan rencana kegiatan bidang;
        • Merumuskan teknis regulasi infrastruktur teknologi informasi dan layanan komunikasi data elektronik;
        • Merumuskan rencana dan penetapan kinerja bidang;
        • Melaksanakan kajian pengembangan penerapan infrastruktur teknologi informasi terbarukan;
        • Melaksanakan analisa, evaluasi, dan pelaporan sarana prasarana infrastruktur teknologi dan komunikasi data;
        • Melaksanakan pemberdayaan dan pengendalian pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi;
        • Melaksanakan inspeksi dan pemeliharaan terhadap infrastruktur dan jaringan komunikasi data elektronik;
        • Melaksanakan bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas bagi pengelola perangkat keras dan jaringan komunikasi data;
        • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi dibidang infrastruktur dan jaringan komunikasi data elektronik dilingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Menyediakan layanan komunikasi data elektronik dan pengintegrasian kebutuhan data perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Menerapkan teknologi keamanan data dan jaringan (network security); dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    7. SEKSI INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI
      • Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Data.
      • Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan analisa, pembangunan, pengembangan,dan pemeliharaan terhadap infrastruktur teknologi informasi dan jaringan.
      • Penjabaran tugas Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi adalah :
        • Melaksanakan kebijakan teknis regulasi infrastruktur teknologi informasi;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja seksi;
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan laporan seksi;
        • Menyiapkan bahan perencanaan dan analisa pembangunan/pengembangan infrastruktur teknologi informasi;
        • Menyusun pedoman penyajian, penerapan, monitoring, dan evaluasi infrastruktur teknologi informasi;
        • Melakukan koordinasi dan fasilitasi di bidang pengembangan infrastruktur teknologi informasi dilingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Menyiapkan standarisasi dan prosedur pembangunan dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi;
        • Melakukan pembangunan dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi;
        • Melakukan penerapan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, dan pengamanan infrastruktur teknologi informasi;
        • Melakukan bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas bagi pengelola infrastruktur teknologi informasi dan jaringan komunikasi data dilingkungan Pemerintah Kota Padang; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    8. SEKSI KOMUNIKASI DATA ELEKTRONIK
      • Seksi Komunikasi Data Elektronik dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Data.
      • Seksi Komunikasi Data Elektronik mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan analisa dan pemanfaatan infrastruktur teknologi dalam membangun sistem komunikasi data elektronik.
      • Penjabaran tugas Seksi Komunikasi Data Elektronik adalah :
        • Melaksanakan kebijakan teknis regulasi komunikasi data elektronik;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja seksi;
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan laporan seksi;
        • Menyiapkan bahan perencanaan dan analisa pembangunan/pengembangan sistem komunikasi data elektronik;
        • Melakukan koordinasi dan fasilitasi di bidang pengembangan sistem komunikasi data elektronik dilingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Menetapkan standarisasi sistem komunikasi data elektronik Pemerintah Kota Padang;
        • Melakukan pembangunan dan pengembangan system komunikasi data elektronik;
        • Melakukan penerapan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, dan pengamanan sistem komunikasi data elektronik;
        • Melakukan bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas bagi pengelola infrastruktur teknologi informasi dan jaringan komunikasi data; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    9. BIDANG APLIKASI DAN SISTEM INFORMASI
      • Bidang Aplikasi dan Sistem Informasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
      • Bidang Aplikasi dan Sistem Informasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pembangunan/penyediaan aplikasi e-Government dan operasional sistem informasi.
      • Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Aplikasi dan Sistem Informasi mempunyai fungsi:
        • Merumuskan rencana kegiatan bidang;
        • Merumuskan kebijakan teknis regulasi aplikasi dan sistem informasi;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja bidang;
        • Melaksanakan analisa dan perancangan/penyediaan aplikasi e-Government;
        • Melaksanakan pembaharuan aplikasi dan pemanfaatan perangkat lunak terbarukan pendukung e-Government;
        • Melaksanakan pengembangan sistem teknologi database e-Government Pemerintah Kota Padang;
        • Melaksanakan pembinaan dan pengendalian pemanfaatan aplikasi sistem informasi;
        • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi kemitraan sistem informasi di lingkungan Pemerintah Kota Padang
        • Melaksanakan penerapan, pemeliharaan, dan pengamanan perangkat lunak;
        • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi di bidang tatalaksana e-Government di lingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Melaksanakan sosialisasi dan peningkatan mutu sumber daya aparatur; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    10. SEKSI APLIKASI E-GOVERNMENT
      • Seksi Aplikasi e-Government dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Aplikasi dan Sistem Informasi.
      • Seksi Aplikasi e-Government mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan perancangan dan pengembangan perangkat lunak aplikasi pendukung e-Government.
      • Penjabaran tugas Seksi Aplikasi e-Government adalah :
        • Merumuskan kebijakan teknis regulasi aplikasi dan sistem informasi;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja seksi;
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan laporan seksi;
        • Menyiapkan bahan perencanaan dan analisa pembangunan/pengembangan aplikasi e-Government;
        • Menyusun pedoman penyajian, penerapan, monitoring, dan evaluasi manajemen sistem informasi;
        • Melakukan koordinasi dan fasilitasi di bidang pengembangan perangkat lunak dan e-Government dilingkungan Pemerintah Kota Padang;
        • Menyiapkan standar dan prosedur pembangunan dan pengembangan perangkat lunak dan e-Government;
        • Menetapkan standarisasi perangkat lunak dan sistem informasi Pemerintah Kota Padang;
        • Melakukan pembangunan dan pengembangan alih teknologi perangkat lunak basis data dan aplikasi;
        • Melakukan penerapan, pemeliharaan, dan pengamanan perangkat lunak basis data dan aplikasi; dan
        • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    11. SEKSI OPERASIONAL DAN KERJASAMA SISTEM INFORMASI
      • Seksi Operasional dan Kerjasama Sistem Informasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Aplikasi dan Sistem Informasi.
      • Seksi Operasional dan Kerjasama Sistem Informasi mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan penerapan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, dan kelangsungan hidup sistem beserta kemitraan, baik internal maupun di luar Pemerintah Kota Padang.
      • Penjabaran tugas Seksi Operasional dan Kerjasama Sistem Informasi adalah :
        • Merumuskan kebijakan teknis regulasi operasional dan kerjasama sistem informasi;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja seksi;
        • Menyusun rencana kerja, evaluasi, dan pelaporan seksi;
        • Menyiapkan bahan evaluasi operasional aplikasi;
        • Menyusun pedoman operasional dan kerja sama sistem informasi;
        • Melakukan koordinasi dan fasilitasi di bidang kerjasama sistem informasi;
        • Melakukan identifikasi dan analisa tingkat lanjut kebutuhan aplikasi yang telah berjalan;
        • Melakukan penerapan, pengawasan, pengendalian, pemeliharaan, dan pengamanan perangkat lunak;
        • Melakukan Pembinaan dibidang teknologi informasi, sosialisasi teknologi informasi, dan peningkatan mutu sumber daya aparatur; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    12. BIDANG KOMUNIKASI, STATISTIK DAN PERSANDIAN
      • Bidang Komunikasi, Statistik, dan Persandian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
      • Bidang Komunikasi, Statistik, dan Persandian mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan kebijakan komunikasi, diseminasi informasi, statistik, dan persandian.
      • Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Komunikasi, Statistik, dan Persandianmempunyai fungsi :
        • Merumuskan rencana kerja bidang;
        • Merumuskan rencana dan penetapan kinerja bidang;
        • Melaksanakan pembinaan dan pengendalian bidang;
        • Melaksanakan pengkajian bahan kebijakan teknis bidang;
        • Melaksanakan pengkajian bahan fasilitasi penyiaran dan kemitraan media;
        • Melaksanakan fasilitasi inovasi multimedia komunikasi dan diseminasi informasi;
        • Melaksanakan keterbukaan informasi publik Pemerintah Kota Padang.
        • Melaksanakan penyebaran dan pengendalian kualitas informasi publik;
        • Melaksanakan pengelolaan media center dan akses internet ruang publik;
        • Melaksanakan kegiatan analisa dan perhitungan data statistik;
        • Melaksanakan kegiatan persandian dan telekomunikasi Pemerintah Kota Padang;
        • Melaksanakan koordinasidengan unit kerja terkait; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    13. SEKSI KOMUNIKASI INFORMASI PUBLIK DAN PERSANDIAN
      • Seksi Komunikasi Informasi Publik dan Persandian dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Komunikasi, Statistik, dan Persandian.
      • Seksi Komunikasi Informasi Publik dan Persandian mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan kegiatan komunikasi informasi publik dan persandian.
      • Penjabaran tugas Seksi Komunikasi Informasi Publik dan Persandian adalah :
        • Melakukan pengkajian program kerja seksi;
        • Melakukan pengkajian bahan kebijakan teknis bidang komunikasi informasi publik dan persandian;
        • Melakukan pengkajian bahan fasilitasi komunikasi informasi publik, persandian, dan kemitraan informasi publik;
        • Melakukan fasilitasi inovasi multimedia komunikasi dan diseminasi informasi;
        • Melakukan pengelolaan content website dan sms center Pemerintah Kota Padang;
        • Melakukan penyebaran dan pengendalian kualitas informasi publik;
        • Melakukan pengelolaan media center dan akses internet ruang publik;
        • Melakukan sosialisasi peraturan dan perundang undangan terkait dengan kegiatan komunikasi informasi publik dan persandian;
        • Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait sehubungan dengan kegiatan komunikasi informasi publik dan persandian;
        • Melakukan pencatatan kegiatan persandian, memelihara, menyimpan, mengamankan operasi dokumen, dan alat-alat sandi serta mengembangkan sistem dan alat-alat sandi, telekomunikasi dan pelayanan panggilan darurat terpadu;
        • Melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas seksi;
        • Melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang sandi dan telekomunikasi, serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        •  
    14. SEKSI STATISTIK
      • Seksi Statistik dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Komunikasi, Statistik, dan Persandian.
      • Seksi Statistikmempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melakukan kegiatan dibidang Statistik Pemerintah Kota Padang.
      • Penjabaran tugas Seksi Statistik adalah :
        • Menyusun rencana kegiatan seksi;
        • Melakukan kebijakan teknis di bidang statistik;
        • Menyusun rencana dan penetapan kinerja bidang statistik;
        • Melakukan pembinaan dan pengendalian bidang statistik;
        • Melakukan pengumpulan, pengolahan, analisa, evaluasi, dan pelaporan data statistik;
        • Melakukan analisa dan kebutuhan alih teknologi penyelenggaraan pangkalan data statistik dan aplikasi statistik;
        • Melakukan penyebaran dan pendistribusian informasi elektronik kestatistikan;
        • Menyusun perencanaan dan perluasan jaringan telekomunikasi daerah; dan
        • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.