Ratusan Anak PAUD se-Kota Padang Meriahkan Acara Gernas Baku

Ratusan Anak PAUD se-Kota Padang Meriahkan Acara Gernas Baku

  • 05 5 2018
  • Huda Putra Erditama
  • 63 Kali Dilihat
  • Padang, Diskominfo --- Himpunan Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Wilayah Sumbar menggelar kegiatan sosialiasi Gerakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku) di Palanta Walikota Padang, Sabtu (5/5). Kegiatan merupakan tahapan lanjutan setelah sebelumnya GERNAS BAKU ini dilaunching 2 Mei lalu pada saat Hari Pendidikan Nasional.

     

    Ketua PW HIPAUDI Sumbar, Nevi Irwan Prayitno mengungkapkan Gerakan nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) kepada anak, merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, satuan pendidikan PAUD, dan masyarakat. 

     

    "Dimana tujuan utama gernas baku yakni menumbuhkan minat minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbahasa, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak, serta meningkatkan rasa ingin tahu," ungkapnya.

     

    Lebih lanjut dirinya mengatakan, orang tua yang terbiasa membacakan buku pada anak merupakan contoh baik, yang bisa diterapkan di tiap keluarga. Bahkan jika perlu, para orang tua dapat dilatih membacakan buku cerita pada anak.

    “Orang tua jangan sekadar membacakan cerita tetapi dapat memahami kandungan cerita yang ada di dalamnya. Jadi membaca berbeda dengan mengenal huruf-huruf, tetapi membaca adalah memahami setiap kalimat yang dibaca,” katanya.

     

    Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno usai membacakan cerita untuk para anak-anak yang hadir, mengajak seluruh pihak mensukseskan program ini, melalui program di SKPD masing-masing. Dengan Gernas Baku kita tumbuhkan minat baca Anak Usia Dini. “Dahulu waktu kecil kita dibacakan buku cerita, didongengin oleh orang tua, hal ini menumbuhkan rasa ingin tahu anak semakin tinggi dengan dimotivasi oleh dongeng atau dibacakan buku, bercerita dan membacakan buku juga menekatkan hubungan orangtua dan anak. Mari kita bawa anak-anak ke toko buku, kalo anak suka bukunya pastinya dia suka mendengar dan tertarik sehingga tumbuh minat baca dan diikuti menjadi gemar membaca buku. “ ungkapnya.


    Lebih lanjut ia mengatakan dengan tumbuh minat anak membaca buku akan tumbuh hobi membaca buku. Oleh sebab itu sisihkan waktu buat mereka karena usia dini butuh sentuhan dan perhatian lebih dari orangtuanya.

    “Mari kita sayangi anak-anak kita, rangkul mereka untuk bersama-sama membaca buku. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk potensi anak usia dini agar gemar membaca. Dengan mensukseskan Gernas Baku kita tingkatkan minat baca anak sejak dini.” ujarnya.

     

    Kegiatan kali ini di ikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari 150 murid PAUD, 150 Orang tua murid dan 200 lagi terdiri dari Bunda PAUD, Guru, HIMPAUDI, IGTKI Provinsi dan kota padang. Dan dalam kesempatan ini Gubernur juga memberikan doorprize kepada sejumlah anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan. (IP/Put)