Pemko Sosialiasai Pencegahan Pungli di Lingkungan Dinas Pendidikan Padang

Pemko Sosialiasai Pencegahan Pungli di Lingkungan Dinas Pendidikan Padang

  • 11 5 2018
  • Huda Putra Erditama
  • 29 Kali Dilihat
  • Padang, Infopublik— Pemerintah Kota Padang menggelar kegiatan Sosialiasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada kepala sekolah menengah pertama (SMP) Negeri dan Swasta serta Sekolah Dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Padang, Jumat (11/5) di Palanta Walikota Padang.

    Walikota Padang yang di wakili Kepala Inspektorat, Corri Saidan mengatakan kegiatan ini bertujuan menginformasikan aturan regulasi terkait dengan pencegahan pungli. “Menyamakan persepsi setiap satuan penyelenggaran pendidikan khususnya sekolah dilingkungan kota Padang untuk mencegah pungli dan sanksi sesuai aturan,” terangnya.

    Lebih lanjut dirinya mengatakan, narasumber kegiatan ini terdiri dari perwakilan Kejaksaan Negeri yang akan memamparkan pencegahan pungli, Kepolisian Resort Kota Padang dengan materi penindakan pungli, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat dengan materi pengawas kebijakan pelayanan publik, serta dari Inspektorat Kota Padang dengan materi pembinaan dan pengawasan di lingkungan sekolah.

    “Tim ini terdiri dari unsur instansi yang ada di kota Padang yang akan melakasakan fungsi Intelijen, pencegahan penindakan dan pembinaan,” tuturnya.

    Dirinya juga berharap agar masyarakat turut terlibat dalam pemberantasan pungli yang terjadi, “Pungli ini telah telah berakar dan seolah-olah di bolehkan. Untuk itu kita harap masyarakat mau melaporkan jika menemukan atau menjadi korban pungli karena ini tentu membenturkan keterlibatan banyak pihak,” jelasnya.

    Sementara itu Jasrizal, Panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 80 peserta. “Terdiri dari 43 Kepsek dari sekolah negeri, 4 Kepsek dari sekolah swasta, serta 33 Kepsek SD yang terdiri dari 3 sekolah perwakilan per kecamatan,” ungkapnya. (McPadang/Putra)