Pelatihan Persandian

Pelatihan Persandian

  • 23 10 2017
  • Admin
  • 42 Kali Dilihat
  • Pada tanggal 25 dan 26 April 2017, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang mengadakan kegiatan Pelatihan Persandian - Sosialisasi IT Security Awareness di lingkungan Pemko Padang yang diadakan di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang.

     Latar Belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah :

    • Persandian telah menjadi kewenangan daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yakni termasuk salah satu urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar. Dan bahwasanya urusan persandian daerah bergabung dengan urusan komunikasi dan informatika menurut Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Salah satu penjabaran dari fungsi persandian pada pemerintah kabupaten/kota adalah tata kelola penjaminan keamanan informasi berklasifikasi.  Pengelolaan informasi berklasifikasi rahasia dalam konteks persandian, akan berada pada alur dari mulai pembuatan informasi, pemberian label, pengiriman dan penyimpanan.
    • Praktek komunikasi persandian di pemerintah daerah telah dilakukan selama ini. Namun Focus penyelenggaraan persandiannya memang beragam antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Minimnya kapasitas dalam  menetapkan kategori informasi yang dimiliki, apakah masuk kedalam kategori informasi yang dikecualikan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
    • Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dan pemanfaatannya yang sedemikian cepat merasuki ke dalam setiap proses  penyelenggaraan tugas dan fungsi kepemerintahan. Salah satu indicatornya yang dapat diketahui dengan jelas adalah penambahan jumlah atau jenis aplikasi/sistem informasi yang dibangun dimasing-masing organisasi perangkat daerah bertambah setiap waktunya. Telah menjadi sebuah keniscayaan saat ini, pembangunan sebuah aplikasi/ sistem informasi dibarengi dengan upaya mengamankan data atau informasi yang terdapat didalamnya.

    Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah :

    • Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan dan Perlindungan Informasi Berklasifikasi Milik Pemerintah.
    • Peraturan Walikota Padang Nomor 79 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika.

    Maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja tata kelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

    Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah :

    • Membangun kesamaan cara pandang terhadap penyelenggaraan persandian daerah, bahwa persandian tidak hanya soal kirim atau terima berita.
    • Meningkatkan kesadaran keamanan komunikasi dan upaya pengamanan informasi yang terdapat pada setiap aplikasi/sistem informasi yang tersebar di masing-masing OPD.
    • Membangun upaya preventif terhadap penyalahgunaan data atau informasi yang dikelola di setiap OPD oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

    Adapun yang menjadi peserta pada ini dibagi kedalam dua kelompok, kelompok pertama pada tanggal 25 April 2017 diikuti oleh staf ahli, asisten, dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemko Padang yang berjumlah 58 orang. Turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Kelompok kedua pada Tanggal 26 April 2017 diikuti oleh pejabat esselon pengelola data/ aplikasi/ sistem informasi di setiap OPD yang berjumlah 52 orang.

    Narasumber pada kegiatan ini adalah :

    • Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, dengan materi “Urgensitas integrasi data/aplikasi demi terwujudnya smart city”.
    • Kepala Direktorat Pengamanan Sinyal Deputi II Lembaga Sandi Negara dengan materi “keamanan informasi”.
    • Dan dari Ditreskrimsus Polda Sumbar dengan materi “penanganan kasus kriminalitas IT (cyber crime)”.

     

    Berikut Dokumentasi kegiatannya :

     

    Kadis Kominfo - Walikota Padang - Narasumber

    Pembacaan Do'a

    Pembacaan Laporan Panitia Kegiatan oleh Bpk. Kadis Diskominfo

    Pembukaan Kegiatan oleh Bpk. Walikota Padang

    Peserta Kegiatan