Parewa Lubeg Juarai Media Tradisional Tingkat Padang 2018

Parewa Lubeg Juarai Media Tradisional Tingkat Padang 2018

  • 15 3 2018
  • Huda Putra Erditama
  • 20 Kali Dilihat
  • Padang, Diskominfo --- Ajang Pemilihan Media Tradisional Tingkat Kota Padang 2018 resmi digelar dan berlangsung secara meriah di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Kamis (15/3). Sebanyak 9 peserta terdiri dari berbagai sanggar dalam kelompok media tradisional aktif yang ada di masing-masing kecamatan pun bersaing menjadi yang terbaik. Alhasil, Group Parewa dari Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) berhasil menjadi Terbaik I di ajang tersebut.

    Sehingga, Group Parewa yang personilnya dari SMKN 7 Padang itu berhak melangkah menjadi utusan Kota Padang ke pentas Provinsi Sumbar 2018. Keceriaan pun langsung menyelinap pada diri masing-masing awak Group Parewa. Pasalnya, di samping itu mereka juga menerima hadiah berupa dana pembinaan sebesar Rp7 juta dari Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kominfo.

    Sementara itu, untuk posisi Terbaik II diraih Group Biruang Sakti dari Kecamatan Pauh yang juga diisi para pemain senior seperti Tampan dan Lecet. Tampak, kesenioran mereka berdua tak cukup mampu merubah hasil dari para ketentuan Dewan Juri dengan menerima dana pembinaan sebanyak Rp5 juta. Sedangkan juara III diperoleh tiga group dengan uang pembinaan Rp3 juta.

    Menurut Rizal Tanjung, salah seorang juri dari Budayawan asal Sumbar itu, kemenangan Group Parewa dikarenakan keseluruhan penampilan dengan konsep dan alur cerita yang cukup apik diiringi kolaborasi musik, lagu dan tari sangat menarik. "Mereka sangat bagus dan pantas meraihnya," katanya yang dibenarkan juri lainnya Sandra Jaya selaku dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

    Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Padang, Suardi, mengucapkan selamat bagi para juara dalam ajang tersebut. Menurutnya bagi juara I dan II akan jadi binaan pihaknya. "Kita berharap, ke depan mereka lebih serius dan semangat berlatih mempersiapkan diri. Supaya mampu meraih prestasi dalam lomba tingkat Provinsi Sumbar bahkan kalau bisa sampai di tingkat nasional nantinya," imbuhnya. (vry/rls)