Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siapkan Program Rumah Pustaka

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siapkan Program Rumah Pustaka

  • 09 5 2018
  • Huda Putra Erditama
  • 24 Kali Dilihat
  • Padang, Diskominfo — Demi meningkatkan minta baca bagi masyarakat terutama untuk keluarga kurang mampu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang telah mencanangkan program Rumah Pustaka.

     

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Muji Susilawati saat kegiatan di Media Center di Balai Kota Padang, Rabu (9/5) memaparkan bahwa Rumah Pustaka merupakan program buku masuk rumah. Program ini akan menyasar pada keluarga kurang mampu yang ada di kota Padang.

     

    “Kita akan bagi lima buah buku di setiap rumah. Satu buku untuk ayah, satu untuk ibu dan tiga untuk anak-anak. Nanti orang tua bisa membacakan buku untuk anak atau begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

     

    Selain meningkatkan minat baca, Rumah Pustaka ini juga diharapkan meningkatkan kualitasn SDM masyarakat kurang mampu.

    “Buku yang kita beritakan bukan sekedar bacaan. Nanti kita akan beri buku sesuai dengan kebutuhan, jika di daerah nelayan kita kasih misalnya buku bagaimana menangkap ikan atau budidaya kalau untuk ibu-ibu di kawaaan miskin buku-buku meningkatkan keterampilan dan buku cerita anak-anak,” ungkapnya.

     

    Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa program ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2019 dan untuk tahap awal menyasar 200 keluarga. “Kita targetkan mulai tahun depan namun jika ada anggran yang bisa di pergunakan kan maka bisa di akhir tahun ini. Dan kita telah melakukan survei terkait program ini jadi kita cukup optimis akan berjalan sesuai rencana” tutupnya. (*)